Pemasaran di ranah digital berbeda situasinya dengan pemasaran tradisional atau Below The Line (BTL Advertising). Strategi sangat dibutuhkan mulai dari produksi konten grafis dan video untuk mencapai tujuan digital marketing yang optimal dan mendorong pertumbuhan bisnis.

Baik untuk produk retail masal maupun untuk pasar vertikal (B2B), tujuan digital marketing sebenarnya adalah untuk mendorong pendapatan perusahaan. Lantas, dengan biaya milyaran bahkan belasan milyar rupiah, jika digital marketing dilakukan tanpa strategi apakah ini dapat optimal untuk mencapai tujuan bisnis?

Kenali Tujuan Digital Marketing Anda Secara Jelas

Pahami pola perilaku konsumen online yang semakin kritis ketika mendapatkan informasi. Iklan Anda setidaknya harus memuat Paint-Point dan Solusi, disamping memancing ketertarikan terhadap produk atau brand Anda. Inilah yang harus dijadikan strategi dalam produksi iklan di Youtube dan content grafis di media sosial.

Tidak hanya sampai di situ, iklan di ranah digital sangat berbeda dengan iklan tradisional. Pemirsa iklan di ranah digital dapat menanggapi iklan Anda. Ini bisa berarti bagus dan bisa juga berarti sebaliknya. Iklan yang viral maka dapat meningkatkan efisiensi dalam biaya distribusi iklan. Akan tetapi, jika iklan tersebut mendapat reaksi negatif, maka ini dapat membuat perusahaan menarik iklan tersebut. Hal seperti ini sudah sering terjadi.

Oleh karena itu, dengan memahami kondisi di ranah digital maka Anda bisa merumuskan strategi yang baik untuk mencapai tujuan digital marketing.

Tujuan digital marketing dapat bermacam-macam, misalkan untuk:

  • meningkatkan kesadaran merek
  • memancing ketertarikan
  • mendorong pengambilan keputusan
  • menyegerakan pembelian.

4 tujuan tersebut, dapat juga dirangkum dalam 1 iklan singkat untuk di televisi, dan kemudian Anda buatkan 4 episode web series untuk lebih menanamkan brand dan produk Anda pada pemirsa di Youtube.

Selanjutnya, konten grafis di media sosial seperti Instagram dan Facebook, setidaknya harus memenuhi 4 tujuan digital marketing tersebut di atas. Media sosial dapat digunakan untuk mendekatkan Brand dengan konsumen. Ini artinya Anda dapat melakukan pemasaran dengan cara kreatif untuk memancing interaksi dengan konsumen.

Jika Anda tidak mengenali tujuan digital marketing secara jelas, maka ini hanya akan menghasilkan program brand awareness sepanjang periode tahun pemasaran Anda. Mungkin saja pesaing Anda juga melakukan hal yang serupa dan bisa juga mereka melakukan digital marketing sesuai praktik terbaik yang lebih cepat mendapatkan penjualan.

Rumuskan Strategi dan Pengukuran Kinerja

Banyak bisnis yang mengeluarkan anggaran pemasaran digital yang didalamnya termasuk pembuatan konten iklan video dan grafis sosmed. Akan tetapi, mereka lupa untuk mengeluarkan anggaran iklan berbayar untuk memperluas jangkauan dan keterlibatan pemirsa. Ini disebabkan karena kesalahan bisnis dalam memilih mitra pemasaran digital yang tidak memahami strategi digital marketing.

Selain strategi, pengukuran kinerja iklan video di Youtube dan posting konten di media sosial sangatlah penting. Dengan memiliki visibilitas tersebut, maka akan semakin mudah untuk mencapai tujuan digital marketing Anda. 

Setelah merumuskan konten video dan grafis untuk rencana pemasaran digital Anda, sebaiknya jangan terburu-buru untuk memproduksi sebelum Anda merumuskan strategi untuk pemasaran digital. Ini akan melibatkan penempatan iklan secara strategis, dan melakukan A/B testing.

Misal, Anda dapat mengalokasikan anggaran yang sama untuk video di Youtube dan di Facebook. Kemudian, bulan berikutnya Anda dapat membandingkan kinerja iklan di masing-masing saluran tersebut. Ini artinya, Anda akan meningkatkan anggaran iklan di salah satu saluran jika lebih efektif dengan mengurangi anggaran di saluran lainnya.

Set strategi pemasaran digital harus mengarah pada konversi atau pada pengambilan tindakan. Misalkan, berapa banyak orang yang klik ke website Anda, atau berapa banyak orang yang klik link untuk mendapatkan penunjuk arah ke lokasi-lokasi yang menjual produk Anda. Pengukuran semacam ini dapat menjadi patokan awal dalam mengukur keberhasilan pemasaran digital Anda.

Jika Anda serius dalam melakukan pemasaran digital, Anda harus memiliki website sebagai dasar dari pemasaran digital Anda. Anda dapat mengikuti pelatihan membuat website yang kami selenggarakan setiap hari untuk dapat lebih mengetahui kegunaan website dalam pemasaran digital.

Penargetan iklan dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi. Mungkin Anda tidak akan ingin menargetkan Pria untuk produk kosmetik Wanita. Jika Anda memiliki insight mengenai wilayah distribusi penjualan, ini juga dapat digunakan untuk penargetan iklan secara geografis. Tanpa penargetan, Anda akan memboroskan biaya iklan dan efektivitas pemasaran digital Anda tidak akan optimal.

Kesimpulan:

Apa yang dapat kita ambil pelajaran dari beberapa iklan lokal dan di luar negeri adalah jika tanpa strategi maka selain tidak efektif, boros, dan bahkan dapat mengakibatkan iklan harus Anda tarik dari peredaran. Ini bahayanya jika melakukan digital marketing tanpa memahami kondisi di ranah digital yang dua arah.

Pemasaran digital memang berbeda dengan pemasaran offline atau BTL. Tapi ini bukan berarti Anda harus mengurangi anggaran pemasaran digital. Bisa jadi pesaing Anda malah meningkatkan anggaran pemasaran digital dan melakukan hal tersebut dengan set strategi yang menyeluruh untuk mengarahkan pemirsa menjadi pembeli.

Ketulusan dalam konten iklan untuk di Youtube dan media sosial sangat penting. Jangan abaikan komentar konsumen, Anda harus memiliki team untuk memantau percakapan di media sosial. Kenali komentar dan para influencer yang dapat memberikan dampak yang kuat terhadap sentimen positive maupun negative. Dengan cara ini, kepercayaan terhadap brand dapat terus meningkat, dan ini berarti Anda tidak tanggung-tanggung dalam melakukan pemasaran digital.

Pemirsa online lebih kritis dan ini artinya memang sudah saatnya bagi kita semua untuk memikirkan ulang tujuan kita hadir dalam ranah digital. Apakah kita hanya sekedar hadir dengan iklan dan grafis yang spektakuler, ataukah kita hadir untuk menawarkan manfaat bagi para pemirsa?.

Di luar sana, banyak pendatang baru yang bersedia mengambil posisi Anda. Mereka datang dengan literasi digital yang sangat tinggi. Dan ini artinya, Anda tidak dapat tinggal diam untuk mempertahankan posisi sebagai pemimpin pasar.

Sekilas Mengenai AppleBox

AppleBox terus melakukan transformasi digital dan menyesuaikan produksi konten iklan untuk di ranah digital. Bersama AppleBox, selain Anda mendapatkan ikan yang menarik pemirsa dengan jangkauan lebih luas dan lebih hemat, Anda juga dapat lebih optimal dalam mencapai tujuan digital marketing Anda.

Share This