Ini merupakan pertanyaan umum yang masih abstrak bagi sebagian pelaku usaha dan praktisi digital marketing. Untuk dapat mengukur berapa biaya pemasaran di sosial media, kita memerlukan set-goal, strategi, dan pengenalan saluran digital yang akan dipakai.

Di zaman millennial sekarang ini, perusahaan harus hadir secara aktif di sosial media. Mungkin saat ini banyak perusahaan yang mengalami dilema seperti besarnya biaya digital marketing tidak sejalan dengan tujuan bisnis. Pada umumnya hal tersebut dapat terjadi karena tidak adanya tujuan yang jelas dan strategi, otomatis juga tidak ada pengukuran, alias berharap pada nasib baik saja.

Berapa Biaya Pemasaran di Sosial Media jika melalui Konsultan / Agensi?

Tergantung pada tingkat pengalaman agensi manajemen media sosial yang Anda sewa, ukuran bisnis Anda, rangkaian layanan yang Anda butuhkan, dan banyak faktor lain, pemasaran media sosial profesional dapat dikenakan biaya mulai dari $ 1.000 per bulan hingga $ 20.000 per bulan .

Jenis perbedaan liar dalam biaya dapat membuat hal-hal yang sangat sulit bagi pemilik bisnis dan manajer pemasaran yang merenungkan outsourcing pemasaran media sosial mereka. Sakit kepala ketika mencoba mencari tahu agen media sosial mana yang akan dipekerjakan, layanan mana yang Anda butuhkan, dan berapa banyak uang yang harus Anda keluarkan dapat menyebabkan banyak kecemasan – dan bahkan keputusan-kelumpuhan, yang bisa mematikan ketika Anda mencoba untuk tumbuh sebuah merek.

Biaya Pemasaran di Sosial Media Tergantung Skala Bisnis

Untuk dapat mengetahui berapa biaya pemasaran di sosial media, secara sekilas kita dapat ukur melalui berapa target omset yang akan dicapai. Biaya pemasaran secara umum adalah sekitar 6% hingga 20% dari total pendapatan kotor. Sedangkan untuk berapa biaya digital marketing dari total omset saat ini adalah sekitar 40% dan bergerak ke 60% untuk perusahaan yang mapan dan matang dalam transformasi digital.

Namun, untuk lebih jelasnya, kita harus memperinci biaya yang dibutuhkan untuk pemasaran di sosial media. Untuk dapat efektif, Anda harus memiliki strategi pemasaran di sosial media yang jelas.

Tanpa strategi yang jelas, aktivitas pemasaran di sosial media hanya sekedar untuk tetap terhubung dengan publik atau bersifat nurturing, dan ini manfaatnya hanya agar brand tetap diingat dan tetap tidak bisa optimal.

Pemasaran di media sosial dapat dipecah menjadi ‘kolam’ yang berbeda, umumnya dengan saluran dan layanan. Mari kita lihat masing-masing.

Berapa Biaya Pemasaran di Twitter?

Meluncurkan akun Twitter baru, lengkap dengan pengaturan dan outsourcing pembuatan konten / interaksi konsumen (semuanya 280 karakter pada satu waktu), biaya rata-rata $ 2.000 – $ 4.000 per bulan – dan itu hanya untuk Twitter. Total kisaran biaya pemasaran di sosial media twitter adalah $ 1.000 – $ 7.500 per bulan.

Bagaimana jika Anda sudah memiliki akun Twitter yang sudah ada, tetapi perlu bantuan untuk membawanya ke tingkat selanjutnya?

Merestrukturisasi akun Twitter yang ada dengan “pelatihan terbatas” untuk mencapai tujuan klien masih akan dikenakan biaya antara $ 1.000 – $ 2.500 per bulan, jika dengan beberapa konten sekitar $ 4.000 per bulan.

Kami mengelola media sosial untuk beberapa merek nasional dan telah mengembangkan beberapa studi kasus yang benar-benar mengesankan selama bertahun-tahun. Pada beberapa kesempatan, kami mendapatkan tagar yang telah kami ciptakan untuk menjadi tren secara nasional, dan kami sangat akrab dengan jumlah layanan pelanggan, jangkauan dan pekerjaan PR yang dibutuhkan melalui Twitter secara khusus.

Jika Anda mewakili merek besar dengan sejumlah besar masalah layanan pelanggan yang perlu ditangani melalui Twitter mungkin perlu menghabiskan lebih dari $ 4k per bulan untuk di Twitter saja.

 

Berapa Biaya Pemasaran di Facebook?

Biaya manajemen Facebook dapat sedikit lebih tinggi daripada Twitter. Untuk membuat akun Facebook baru dan menyediakan pelatihan terbatas yang sedang berlangsung untuk mitra bisnis, agensi PR online membebankan rata-rata $ 2.500 – $ 5.000 per bulan, dengan beberapa akan mencapai $ 9.000.

Namun, untuk sebagian besar bisnis itu adalah ide yang baik untuk menggabungkan keduanya (dan mungkin menambahkan pada saluran ketiga dan bahkan keempat), yang tidak hanya akan membantu Anda meningkatkan audiens, tetapi dapat membuat Anda kesepakatan pada harga juga .

Kami mengenakan biaya $ 4.000 untuk mengelola 3 saluran media sosial, termasuk grafis, interaksi di Twitter, kreatif tweeting, membuat dan mengelola daftar Twitter, dan banyak lagi.

Berapa Biaya Pemasaran Dengan Saluran Media Sosial Lainnya?

Dalam hal pemasaran media sosial, Twitter dan Facebook jelas merupakan dua pilihan teratas untuk bisnis. Jika Anda baru memulai, atau jika Anda bekerja dengan anggaran yang lebih ketat, kami sarankan Anda mulai dari sana.

Setiap bisnis berbeda, tetapi dari apa yang kami lihat dengan klien kami Twitter dan Facebook cenderung memberikan ROI terbesar, dan pelanggan pada umumnya akan mengharapkan bahwa bisnis memiliki profil aktif di kedua platform.

Namun, jika Anda juga ingin melakukan pemasaran media sosial di saluran-saluran seperti Instagram, Pinterest, LinkedIn, dan SnapChat, saluran-saluran tambahan itu dapat dengan mudah dikenakan biaya $ 1.000 atau lebih untuk setiap saluran yang Anda tambahkan.

Itu investasi besar, jadi Anda tentu ingin benar-benar strategis tentang platform media sosial yang Anda pilih dan mencari tahu jalan Anda menuju ROI dengan menambahkan setiap saluran tambahan.

Tips: Tidak setiap saluran cocok untuk setiap bisnis, jadi ketika Anda membuat keputusan, berhati-hatilah terhadap agensi media sosial yang mencoba “melemparkan wastafel dapur” ke arah Anda. Kecuali jika Anda adalah merek besar, pasar massal (dan jujur, bahkan jika Anda) kemungkinan Anda tidak perlu berada di setiap saluran media sosial.

Berikut ini sekilas beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan:

Pemasaran di Instagram

Instagram adalah platform yang sangat visual yang berfokus hampir sepenuhnya pada gambar.

Jika Anda seorang merek fesyen, perusahaan yang mengembalikan mobil klasik, atau jenis bisnis lainnya yang secara konsisten dapat membuat konten yang menarik secara visual, maka Instagram pasti berada di radar Anda. Namun, jika Anda seorang akuntan, mungkin tidak terlalu banyak. Walaupun bisnis Anda cukup massal seperti operator seluler, Instagram hanya dapat anda gunakan untuk tujuan Brand Loyalty dan launching paket baru.

Berapa Biaya Periklanan di Media Sosial?

Jika Anda ingin memasukkan iklan berbayar dalam paket manajemen media sosial Anda, itu akan dikenakan biaya tambahan juga. Platform seperti Facebook, Twitter, dan Instagram semuanya memiliki platform iklan berbayar yang tersedia.

Bila dilakukan dengan benar, kampanye iklan media sosial ini dapat memberikan hasil besar untuk merek Anda, dengan ROI mulai dari meningkatkan pengikut hingga meningkatkan pengunjung ke web dan akhirnya penjualan.

Berapa yang harus Anda keluarkan untuk biaya iklan media sosial?

Secara umum, Anda harus membayar di mana saja antara 10% -20% dari total pembelian iklan agar agensi mengelola kampanye untuk Anda. Jika Anda memiliki anggaran yang lebih besar, biasanya Anda dapat menegosiasikan persentase di ujung bawah kisaran itu.

Biasanya juga ada biaya manajemen iklan media sosial minimum bulanan (kami adalah $ 250), jadi Anda ingin memastikan bahwa Anda benar-benar siap untuk melakukan investasi sebelum mengambil risiko.

Tips: Alasan mengapa iklan berbayar sangat efektif adalah karena hal itu memungkinkan Anda untuk menargetkan audiens yang sangat spesifik dengan iklan Anda, yang dapat menyebabkan tingkat konversi yang jauh lebih tinggi.

Namun, seperti halnya apa pun di ranah manajemen media sosial, iklan media sosial dapat terbukti jauh lebih rumit daripada kedengarannya.

  • Apakah Anda tahu apa itu pixel Facebook?
  • Apakah Anda tahu cara menargetkan iklan ke orang yang telah mengakses konten tertentu di situs web Anda?
  • Apakah Anda tahu dimensi gambar yang tepat untuk iklan Facebook dan rasio gambar-ke-teks terbaik untuk memastikan bahwa iklan Anda disetujui?

Jika tidak, Anda tidak sendirian. Dalam hal ini dibutuhkan waktu untuk mempelajari semua yang perlu Anda ketahui. Anda dapat mengikuti pelatihan manajemen iklan FB yang kami adakan untuk lebih hemat.

Itu sebabnya, kecuali jika Anda memiliki banyak waktu untuk berinvestasi dalam melakukannya dengan benar, cara terbaik untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan ROI untuk pembelian iklan media sosial Anda adalah dengan membawa tim yang memiliki pengalaman dan keahlian untuk melakukan hal itu. pekerjaan dengan benar. Untuk banyak merek, outsourcing manajemen iklan media sosial adalah pilihan terbaik.

Bagaimana Dengan Strategi Media Sosial?

Ini sesuatu yang perlu dipertimbangkan: semua harga yang kami cantumkan di atas termasuk pembaruan status dan interaksi dengan pelanggan. Anda tahu apa yang tidak termasuk di dalamnya? Strategi.

Beberapa agensi mengenakan biaya minimal $ 4.500 per bulan untuk manajemen Facebook dan Twitter, tetapi tidak akan menyertakan strategi apa pun di balik upaya tersebut.

Itu membutuhkan biaya tambahan, meminta strategi media sosial seperti menambahkan bumbu ke pesanan Anda.

Kami berpendapat bahwa strategi harus selalu datang dengan pesanan. Itulah sebabnya kami memasukkan strategi sebagai bagian dari paket pemasaran media sosial kami.

Bagi kami, mengenakan biaya untuk bekerja tanpa strategi, adalah hal yang tidak masuk akal. Walaupun terkadang setelah pitching kami tidak di-hire namun strategi kami di pakai, padahal penjabaran masih harus lebih detail lagi demikian implementasinya.

Sekarang, kita harus mengakui bahwa strategi adalah bagian terpenting – Anda harus masuk ke pemasaran media sosial dengan rencana permainan dan daftar tujuan, atau Anda tidak akan pernah mencapai ROI yang Anda cari. Ini adalah alasan Anda tidak ingin melakukan outsourcing manajemen media sosial perusahaan Anda kepada anak magang yang tidak dapat menghindar dari chit-chat di WhatsApp. Agen PR online mengetahui hal ini, jadi mereka memastikan untuk menagih Anda untuk keahlian mereka.

Berapa Biaya Strategi Media Sosial?

Sangat mudah untuk menjadi terkenal di saluran media sosial, dan tampaknya itu hanya akan dikenakan biaya $ 6.800. Meskipun kedengarannya mengesankan memiliki 1 juta “suka” di Facebook, sandiwara Anda akan terungkap ketika seseorang memeriksa halaman Anda dan melihat bahwa tidak ada orang yang suka, berkomentar, atau membagikan konten Anda.

Menciptakan strategi komprehensif untuk pemasaran media sosial dan outsourcing semua pekerjaan untuk semua saluran (dengan minimal dua jejaring sosial) biayanya berkisar antara $ 3.000 – $ 20.000 per bulan, dengan rata-rata industri mencapai antara $ 4.000 – $ 7.000 per bulan. Jika Anda ingin agen media sosial memulai akun dari awal dan berkonsultasi dengan kontrak 4 hingga 12 bulan, Anda akan membayar antara $ 3.000 – $ 15.000 per bulan.

Apa yang mereka maksud dengan saluran, minimal dua? Itu hanya cara singkat untuk mengatakan bahwa biayanya mencakup Facebook dan Twitter … dan kemungkinan akan ada biaya tambahan untuk menambahkan saluran lain.

Tips: Jika Anda melakukan riset pasar untuk mengetahui kepribadian dan preferensi pelanggan / klien Anda, mungkin dapat melegitimasi pengeluaran $ 20.000 untuk mengumpulkan informasi latar belakang dan poin data yang diperlukan untuk menjalankan kampanye media sosial yang spektakuler. 

Juga, sebagian besar “strategi” aspek media sosial dibawa dari klien ke klien. Misalnya, taktik yang kami gunakan untuk klien B2B di ruang pelatihan bisnis tidak jauh berbeda dengan taktik yang kami gunakan untuk klien B2B di ruang komputasi awan ataupun data center. Dalam kedua kasus tersebut, kami fokus menggunakan LinkedIn sebagai alat PR untuk menjangkau para praktisi yang meliput ruang tersebut, berinteraksi dengan mereka, memahami mereka dan menjadikannya prioritas.

“Dengan cara ini, mereka tahu siapa si pemberi jasa (client kami) sebelum mereka secara resmi menghubungi klien.”

Selain itu, dalam kedua kasus B2B kami juga menggunakan Twitter sebagai cara untuk melibatkan para pemimpin pemikiran di industri terkait. 

Untuk pelatihan bisnis dan penyedia layanan cloud kami juga fokus untuk berinteraksi dengan klien potensial saat ini, berbagi wawasan klien tentang berita industri, dll. Faktanya, taktik pemasaran di media sosial untuk B2B dengan B2C sangat berbeda.

Berapa Biaya Simplicity Digital untuk Pemasaran di Media Sosial?

Kami tidak terlalu merahasiakan tarif kami, atau bagaimana kami melakukan apa yang kami lakukan. Kami telah menulis banyak posting informatif tentang topik seperti teknik pemasaran digital yang berhasil, biaya outsourcing konten situs web, dan kesalahan blogging yang mahal untuk dihindari, dan kami akan terus melakukannya selama ada kata kunci SEO yang dapat kami targetkan.

Akibatnya, beberapa pos kami mendapat peringkat # 1 untuk kata kunci yang sangat kompetitif, dan situs kami mulai menghasilkan secara ekonomi dan dalam lalu lintas pencarian organik. Kami telah mengembangkan strategi pemasaran online yang berfungsi, tidak hanya untuk kami tetapi juga untuk klien kami.

Di bawah ini adalah daftar yang ditawarkan Simplicity Digital kepada klien yang membayar antara $ 7.000 dan $ 20.000 / bulan. Ini adalah rencana menyeluruh yang mengambil pendekatan tiga cabang untuk pemasaran online (dan ya, termasuk strategi):

  • Posting Unik – Kami akan memposting 2-3 kali per hari di halaman Facebook Anda. Posting ini akan menjadi kombinasi dari grafis khusus, ajakan untuk bertindak untuk mengunjungi situs web dan berita perusahaan Anda.
  • Promosi Konten – Setiap konten unik yang kami kreasikan dan posting untuk Anda akan dipromosikan di media sosial. Ini tidak hanya akan meningkatkan jumlah orang yang akan membaca konten ini, tetapi juga akan meningkatkan SEO Anda.
  • Berinteraksi dengan Halaman Lain – Untuk membantu menarik perhatian bisnis yang saling melengkapi dan tidak bersaing. Ini akan menyebabkan lebih banyak berbagi konten perusahaan dan pembaruan status dan memperkenalkan orang kepada merek.
  • Membuat Gambar Kustom – Hingga dua gambar kustom per minggu
  • Layanan Pelanggan – Ketika orang tidak senang atau senang tentang suatu program atau produk, mereka sering menuju ke media sosial untuk menyuarakan pendapat mereka. Kami akan menanggapi setiap umpan balik yang diterima dengan cepat dan sopan. Kami juga akan menjawab pertanyaan apa pun yang mungkin dimiliki calon pengguna.
  • Iklan Facebook – Anggaran iklan $ 150 per bulan adalah bagian dari layanan media sosial kami. Ini termasuk:
    • Konsep dan salinan iklan
    • Manajemen kampanye
    • Laporan analitik
    • Desain grafis / bayaran yang sesuai untuk stok foto
    • Penargetan pemirsa
    • Menyesuaikan iklan sesuai kebutuhan untuk memaksimalkan hasil
    • Menentukan konten apa yang terbaik untuk mengirimnya
    • Pengujian A / B antara banyak iklan dalam kampanye yang sama

Kami dapat menargetkan siapa pun yang Anda inginkan dengan iklan Facebook, dan jika Anda ingin menghabiskan lebih banyak per bulan untuk iklan, kami dapat mengakomodasi pertumbuhan itu.

Jika kampanye berjalan baik dan Anda ingin berkembang, kami membebankan biaya manajemen iklan 10% dengan biaya minimum $ 250 / bulan.

Untuk Brand terkenal, kami juga memproduksi TVC dan video animasi untuk story telling sesuai strategi inbound.

 

  • Tweet Harian – Rata-rata 7-10 tweets sehari. Sekitar 20-30% dari konten akan dipromosikan sendiri, sisanya fokus pada pemberian nilai kepada komunitas dan berinteraksi dengan audiens target perusahaan.
  • Kreasi dan Manajemen Hashtag – Kami akan terus mencermati topik yang sedang hangat, dan jika perlu, mengikuti  percakapan menggunakan tagar yang sesuai. Ini akan membantu meningkatkan visibilitas perusahaan, serta mengarah pada lebih banyak pengikut dan interaksi.
    Berinteraksi untuk Tujuan PR – Salah satu penggunaan Twitter yang paling efektif adalah sebagai alat PR. Wartawan aktif di Twitter, dan secara teratur menggunakannya untuk mencari sumber untuk dikutip dalam artikel mereka. Kami akan membuat daftar jurnalis, blogger, dan influencer industri untuk ditargetkan di Twitter, membangun hubungan, dan memperkenalkan bisnis kepada mereka. Ini adalah salah satu cara tercepat Twitter dapat memberikan ROI.
  • Promosi Konten – Kami akan terus membagikan konten perusahaan, yang akan membantu mengarahkan lalu lintas ke situs dan meningkatkan kesadaran akan merek. Ini juga mengirimkan sinyal ke mesin pencari bahwa konten Anda layak dibagikan, yang dapat membantu meningkatkan SEO website Anda.
  • Layanan Pelanggan – Kami akan memantau orang-orang yang menge-tweet tentang perusahaan, meskipun mereka tidak mention langsung. Jika mereka memiliki sesuatu yang luar biasa untuk dikatakan, kami akan memastikan untuk me-retweet, favorit, dan memberi tahu semua orang. Jika ada sesuatu yang negatif untuk dikatakan, kami akan memberi tahu untuk segera dan menanggapinya dengan cepat, sopan dan secara personal. Dan jika mereka memiliki pertanyaan, kami akan menjawabnya segera.
  • Pemantauan Kata Kunci – Kami akan menggunakan Hootsuite untuk memantau orang yang berbicara tentang topik tertentu yang relevan dengan perusahaan Anda, dan berinteraksi seperlunya.
  • Obrolan Twitter – Kami akan berpartisipasi dalam satu obrolan Twitter per bulan atas nama merek Anda. Jika tidak ada obrolan Twitter, kami dapat membuat dan mengelola sendiri (ini memerlukan pengalaman dan kreativitas).
  • Pembaruan – Rata-rata dua pos pada halaman LinkedIn perusahaan, yang akan menjangkau mereka yang mengikutinya. Semua posting blog, artikel dan sebutan pers akan dipromosikan melalui halaman.
  • Interaksi – Mengikuti halaman LinkedIn lainnya, berfokus pada pemimpin pemikiran dan perusahaan yang terkait dengan merek Anda, tetapi bukan pesaing Anda. Kami akan membagikan konten mereka secara berkala ketika itu adalah jenis konten yang berbicara kepada audiens Anda.
  • Keterlibatan Grup LinkedIn – Bergabung dan terlibat dengan anggota grup LinkedIn. Ini akan meningkatkan keterlibatan dari mereka yang belum mengikuti halaman perusahaan dan mengarahkan lalu lintas ke situs web. Kami akan bergabung dengan 5-7 diskusi grup seminggu. Ini termasuk mempromosikan konten dari situs jika diperlukan.
  • LinkedIn Group Management – Posting setidaknya sekali dalam seminggu dan diskusi dengan orang lain pada saat yang tepat.
  • Manajemen iklan – Anda memberikan anggaran dan kami mengelola penargetan, pemantauan, dan pelaporan. Ini akan memungkinkan posting Anda menjangkau individu dan bisnis yang belum terbiasa dengan merek Anda, yang cocok dengan audiens target Anda dan akan dikonversi menjadi prospek. (Biaya tambahan manajemen iklan: 10% dari anggaran iklan)

Hubungi Kami - Simplicity Digital

7 + 13 =

Share This