Secara mudah, cukup daftarkan seluruh jaringan hotel ke Traveloka, dan sejenisnya. Mudah bukan? namun diluar sana masih lebih banyak yang membutuhkan personalisasi. Hotel adalah bisnis hospitality yang memerlukan unsur humanisme. Lantas, bagaimana strategi pemasaran hotel yang efektif di era digital sekarang ini?.

Saat ini, pemasaran digital untuk hotel sedang digunakan dengan kecepatan yang merajalela di industri perhotelan. Meskipun pada akhirnya, memang benar bahwa upaya tersebut sebenarnya menguntungkan tetapi pertanyaannya di sini adalah, berapa banyak jumlah uang dan kerumitan yang harus dimasukkan dan bagaimana tepatnya?.

Untuk memulainya, Anda harus kembali ke dasar dan benar-benar berpikir apa sebenarnya yang membuat Anda berbisnis? Jawabannya sederhana – Pemesanan Kamar.

Strategi Pemasaran Hotel di Era Digital

Sekarang dengan kemajuan teknologi, sebagian besar pemesanan diperoleh melalui strategi distribusi inventaris online yang cerdas. Distribusi kamar hotel secara online dapat dikelola dengan dua cara – baik langsung dari situs web hotel Anda atau melalui saluran distribusi pihak ketiga.

Karena itu, sangat jelas bahwa teknologi telah mendominasi cara para pelaku bisnis perhotelan seperti Anda dalam menerima pemesanan. Itulah sebabnya pendekatan untuk mempromosikan bisnis hotel juga harus berubah.

Di sini, yang lebih menarik lagi adalah kenyataan bahwa terdapat serangkaian strategi pemasaran hotel yang berbeda yang dapat diikuti ketika berurusan dengan OTA (Over The Air) dan bahkan mendapatkan pemesanan langsung.

Bersamaan dengan itu, ketika tahun baru tiba pada kita, itu membawa serta berbagai ide, strategi, dan tujuan lengkap untuk mendapatkan lebih banyak pemesanan, memberikan layanan yang luar biasa dan pada akhirnya mendapatkan kenaikan yang cukup besar dalam pendapatan.

Menerapkan serangkaian ide pemasaran digital hotel yang tepat adalah pilihan terbaik yang harus Anda buat.

Sekarang, apa sebenarnya ‘Pemasaran Digital Hotel’?

Pemasaran digital hotel, juga dikenal sebagai pemasaran perhotelan dalam banyak bentuk yang termasuk membuat kehadiran hotel Anda terlihat di platform media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram dan sebagainya. Selain itu, memiliki situs web hotel dan memperkuat keberadaan Anda di OTA secara luas.

Dalam hal itu, menemukan mitra teknologi yang tepat untuk mengamankan pemesanan online langsung dan manajemen distribusi dapat membantu Anda menurunkan biaya pemasaran untuk hotel Anda.

Selain itu, Anda perlu menemukan cara untuk menjangkau tamu Anda menggunakan media seperti konten, email, situs web, pemasaran berbayar, media sosial, dan gagasan promosi hotel lainnya dengan cara yang benar. Jelas, Anda harus menerima kenyataan bahwa pemasaran digital hotel cepat atau lambat membuat Anda mendapatkan lebih banyak pemesanan, visibilitas yang lebih baik dan tentu saja nama merek yang stabil di pasar.

Dan karena Anda pasti sudah mulai mempersiapkan diri untuk tahun 2020, berikut 7 strategi pemasaran hotel yang akan membantu Anda mendapatkan lebih banyak pemesanan di tahun baru.

7 Strategi Pemasaran Hotel untuk mendapatkan lebih banyak pemesanan di tahun 2020.

  1. Mudah ditemukan secara online
  2. Beriklan di Mesin Pencari
  3. Hadir di Media Sosial
  4. Sertakan video untuk tingkatkan Pengalaman Virtual
  5. Jalankan Iklan di jalur yang tepat
  6. Pertimbangkan Aplikasi
  7. Pertahankan reputasi online Anda
1. Mudah ditemukan secara online

Anda harus dapat ditemukan secara online, ini merupakan resep sukses paling mutlak. Mulailah dengan strategi pemasaran hotel untuk di jalur digital dengan baik dan benar. Karena, jika Anda tidak hadir pada mesin pencari; maka terlepas dari seberapa banyak Anda bekerja keras, itu tidak akan berhasil.

Sekarang Anda mungkin bertanya, bagaimana caranya agar dapat mudah ditemukan secara online?

Sederhana buatlah situs web hotel. Lakukan SEO.

Dan situs web yang dimaksud di sini bukan hanya memasang beberapa gambar, menambahkan 2 baris konten tentang hotel Anda, dan selesai dengan itu.

Situs web hotel yang dimaksud adalah yang menampilkan fasilitas Anda, lokasi hotel Anda, kamar Anda, dan segala sesuatunya tentang hotel Anda.

Implementasikan SEO sesuai praktik terbaik. Ini akan membuat situs web hotel Anda mendapat peringkat di mesin pencari, sehingga dapat banyak terlihat oleh para pencari hotel.

Mengintegrasikan situs web hotel Anda dengan pemesanan online juga akan memungkinkan Anda mendapat pemesanan langsung dari situs web hotel Anda, tanpa campur tangan pihak ketiga.

2. Beriklan di mitra pencarian hotel

Selanjutnya, kita berbicara tentang Mitra Pencarian Hotel seperti: Iklan Hotel Google, TripAdvisor dan, Trivago.

Percaya atau tidak, tetapi dengan terdaftar pada mesin metasearch ini tidak hanya akan meningkatkan visibilitas Anda, tetapi juga meningkatkan nilai merek Anda. Namun, menjadi tersedia di metasearch akan mengharuskan Anda terbuka untuk menerima pemesanan langsung.

Semakin banyak pemesanan langsung yang Anda dapatkan, semakin banyak bisnis Anda akan terdorong dalam industri perhotelan.

Untuk Anda yang sedang berjuang mengurangi ketergantungan pada OTA, Anda dapat menggunakan Jasa SEO sebagai alternative. SEO merupakan strategi pemasaran hotel secara online yang paling mutlak untuk dilakukan.

Untuk menggali lebih dalam tentang ini, Anda dapat memeriksa beberapa artikel tentang bagaimana Google Hotel Ads membantu meningkatkan pendapatan hotel.

Jadi, jika Anda belum terdaftar di mesin metasearch apa pun, sekarang adalah waktu yang tepat untuk melakukannya.

3. Hadir memukau di media sosial

 Kehadiran di platform media sosial seperti Facebook dan Instagram bukanlah hal yang baru. Tetapi memanfaatkan sebaik-baiknya dan memanfaatkannya untuk potensi terbaik mereka adalah apa yang Anda butuhkan dalam strategi pemasaran hotel Anda di jalur digital.

Menayangkan video betapa nyamannya hotel Anda pada platform media sosial adalah salah satu pendekatan efektif untuk meningkatkan keterlibatan pengikut Anda. Dan semakin tinggi keterlibatan Anda, semakin banyak orang yang dapat Anda jangkau.

Walaupun Facebook memiliki daya tarik tersendiri untuk bisnis hotel, Instagram adalah cerita lain, di mana ada daftar panjang ide Instagram hotel yang dapat Anda terapkan dalam strategi pemasaran hotel Anda.

4. Konten video yang menarik

Konten video mendapat perhatian lebih di media sosial. Hari-hari ini dunia memang bekerja pada realitas ganda – realitas aktual dan realitas virtual.

Itulah sebabnya strategi pemasaran hotel harus memasukkan konten video sebagai urutan utama prioritas. Ini adalah salah satu strategi pemasaran digital hotel yang paling disukai.

Perusahaan harus mengadopsi cara-cara baru untuk menampilkan seluruh bagian hotel dan ini juga memerlukan cara yang kreatif untuk dapat menjadi pembeda. Ingatlah, diluar sana Anda tidak sendiri dalam melakukan hal ini, ratusan bahkan ribuan hotel akan melakukan hal yang sama.

Video dapat menjadi cara penyampaian terbaik tentang hotel Anda. Anda benar-benar harus mempertimbangkan membuat tur hotel dan mengunggahnya di saluran YouTube Anda. Anda bahkan dapat menyorot lokasi hotel Anda, fasilitas yang Anda berikan melalui video pendek. Juga, pertimbangkan untuk merekam acara yang sering di selenggarakan di hotel Anda.

Semua konten video digital ini akhirnya menarik banyak tamu dengan kisah-kisah yang lebih baik, yang pada gilirannya akan memberi Anda penghasilan lebih tinggi.

5. Jalankan kampanye iklan dengan strategi terukur

Tampilan instan selalu memiliki manfaatnya, tetapi juga memiliki kelemahan tersendiri. Kecuali iklan Anda dikelola dan dioptimalkan dengan benar. Jalankan kampanye iklan khusus di Google dan Facebook (Instagram menyertainya).

Untuk sukses dalam kampanye iklan hotel, Anda harus:

  • Memiliki rencana dan strategi yang mengarah pada konversi
  • Memiliki pengukuran dan metrik di setiap staging yang dapat menjadi bahan pertimbangan dari waktu ke waktu dalam “menajamkan” strategi pemasaran digital Anda.

Ada banyak manfaat terlibat dalam kampanye semacam itu. Pastikan bahwa iklan hotel Anda terlihat dan informasi tentang layanan yang jelas, serta menjangkau orang yang tepat.

Iklan Facebook atau Instagram dapat meningkatkan awareness mengenai brand Hotel Anda. Disamping itu, kedua sosial media tersebut dapat memancing ketertarikan.

Demikian dengan beriklan di jaringan google dan juga LinkedIn, memiliki kelebihan dan tujuan masing-masing. Anda dapat menghubungi kami untuk masalah ini.

Di baris yang sama, bahkan Iklan Pemasaran Ulang (re-marketing) memberi Anda peluang luar biasa untuk membawa bisnis hotel Anda menjadi terang dengan menargetkan orang-orang yang telah mengunjungi situs web Anda.

Karena itu, ada kemungkinan lebih tinggi bahwa mereka akan mengunjungi situs web Anda untuk melakukan memesan.

Pengukuran dan metrik sangat penting untuk menentukan strategi yang akan disesuaikan. Tidak ada rumus tetap dan baku dalam digital marketing, hanya saja Anda harus dapat mengukur dan menyesuaikan strategi untuk mendapatkan ROI yang tinggi.

Baca juga mengenai: Konsep Digital Marketing

 

6. Pertimbangkan Aplikasi khusus Perhotelan

Aplikasi ini bukanlah untuk booking, akan tetapi aplikasi yang berada pada kamar hotel. lift, kolam renang, restoran dan sebagainya. Aplikasi ini harus dapat memudahkan dan “memanjakan” tamu hotel Anda, seperti untuk:

  • Pemesanan
    • makanan,
    • reservasi tempat,
    • business center,
    • transportasi, dan sebagainya.
  • Melihat informasi lebih, seperti destinasi wisata, layanan publik dan sebagainya
  • Melihat billing. 

Cobalah hal ini dan pelajari bagaimana pengalaman tamu hotel Anda di media sosial dan review online.

7. Pertahankan reputasi online

Mengesampingkan reputasi hotel secara online dapat membuat bisnis Anda berada pada posisi yang kurang menguntungkan. Anda harus menerima kenyataan bahwa industri perhotelan tetap berputar di sekitar kepuasan tamu.

Umpan balik negatif sama berharganya dengan umpan balik positif. Anda PERLU untuk tahu apa yang dikatakan tamu Anda tentang Hotel Anda. Bagaimana lagi Anda akan meningkatkan layanan Anda? Selain itu, ulasan online ini adalah salah satu elemen kunci kesuksesan bisnis hotel di hari ini.

Semua tamu Anda, tamu saat ini dan yang akan datang akan memeriksa ulasan dan peringkat tersebut untuk memutuskan masa tinggal mereka di Hotel Anda. Itu sebabnya menjaga reputasi online Anda adalah aspek penting dari pemasaran digital hotel Anda.

Tetap awasi peringkat Anda dan situs ulasan teratas dan tentukan tujuan Anda dengan kuat di tempat yang Anda inginkan!.

Tetapkan tujuan dari apa yang Anda ingin tamu Anda katakan tentang hotel Anda begitu mereka pergi. Karenanya, reputasi hotel online yang terawat dengan baik akan membantu Anda melakukan perjalanan panjang dengan memberi Anda lebih banyak pemesanan.

Anda juga harus selalu monitor Brand Hotel Anda dari waktu ke waktu.

 

Kesimpulannya:

Pemasaran, khususnya pemasaran digital untuk hotel memainkan peran penting dalam menghasilkan pendapatan untuk bisnis hotel. Ada pemain yang lebih besar dan lebih baik yang menjadi pesaing yang menuntut kita harus terus mengoptimalkan digital marketing untuk hotel plus ber-inovasi.

Hari ini, para tamu ingin situs web yang ramah dan mudah digunakan. Jika target Anda adalah para millennials, jadilah yang paling unik dan menonjol di sosial media. Milikilah reputasi online, dan berikanlah pengalaman virtual untuk mengajak mereka lebih dekat untuk merasakan realita kenyamanan di Hotel Anda.

Berikanlah pengalaman terbaik untuk setiap tamu hotel Anda, fasilitasi mereka teknologi yang dapat “memanjakan” mereka ketika berada di hotel Anda.

Pada saluran digital, pemasaran hotel perlu memastikan bahwa semua saluran digunakan untuk mendapatkan keuntungan maksimal. Sekali lagi, ini memerlukan perencanaan dan strategi, tanpa itu Anda hanya buang-buang anggaran.

Mengenai AppleBox Digital

AppleBox dapat memberikan layanan integrated digital marketing untuk hotel Anda. Mulai dari penyusunan rencana dan strategi, penganggaran, produksi konten, produksi video iklan dan web series, hingga strategi distribution untuk memaksimalkan anggaran digital marketing Anda.

AppleBox didukung oleh team ahli berpengalaman belasan tahun dan memiliki sertifikasi dalam bidang digital marketing. AppleBox telah berpengalaman dalam membuat ratusan iklan TV (TVC Ads) dengan kualitas tinggi untuk brand-brand besar baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Saat ini, AppleBox telah ber-transformasi digital secara penuh untuk mendukung kebutuhan digital marketing Anda. 

Hubungi Kami untuk konsultasi pemasaran digital Hotel Anda

1 + 14 =

Share This